Aneka Cara Merawat Kolam Renang Sendiri

By | November 11, 2018

Rumah merupakan tempat untuk berkumpul dengan semua anggota keluarga. Di rumah, kita bisa melakukan apa saja dengan anggota keluarga. Mulai dari sarapan pagi bersama, nonton TV, bermain di halaman rumah dengan adik, atau berenang di kolam renang pribadi. Ya, beberapa orang memang memrioritaskan untuk memiliki kolam renang sendiri di rumah. Terlebih jika semua anggota keluarga memiliki hobi yang sama, yaitu berenang. Jika demikian, maka kolam renang menjadi hal yang wajib untuk dimiliki.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Kolam Renang

Setelah memiliki kolam renang pribadi di rumah, maka tugas Anda cukup berat karena harus membersihkan kolam renang tersebut secara rutin. Ya, merawat kolam renang memang cukup menguras tenaga. Namun, hal ini sangat wajib dilakukan untuk memastikan bahwa kolam renang selalu aman dan bersih saat digunakan. Jika Anda malas membersihkan kolam, maka bisa membuat kolam menjadi kotor dan menjadi sarang bakteri. Lalu, apa saja yang wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan kolam renang?

Tips Merawat Kolam Renang Agar Selalu Bersih Dan Nyaman Digunakan

Kolam renang tentu harus selalu dirawat agar tetap bersih dan nyaman ketika digunakan. Jika kolam renang jarang dirawat atau dibersihkan, maka nantinya akan menjadi semakin kotor dan kurang nyaman. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat kolam renang:

  1. Pel lantai di sekitar kolam

Kegiatan ini bertujuan untuk menghindari atau mencegah tumbuhnya lumut di sekitar lantai kolam renang. Lumut yang tumbuh di sekitar kolam tentunya akan membuat lantai menjadi licin. Oleh sebab itu, lantai di sekitar kolam renang wajib dibersihkan. Selain bisa menghindari pertumbuhan lumut, mengepel lantai juga bisa mencegah bakteri. Sebaiknya, gunakan produk pembersih yang berfungsi untuk menghilangkan dan mencegah terbentuknya kerak.

  1. Bersihkan kotoran dan dedaunan dari permukaan air kolam

Seperti yang kita ketahui, biasanya ada banyak kotoran, serangga, atau guguran daun yang mengapung di permukaan air kolam renang. Kotoran-kotoran semacam ini sebaiknya sering dibersihkan. Caranya adalah menggunakan jaring halus yang berfungsi untuk mengangkat kotoran tersebut.

  1. Bersihkan lantai kolam renang dengan alat vaccuum

Lantai kolam renang biasanya mudah ditumbuhi lumut dan timbul kerak berwarna kuning. Untuk menghindari hal ini, maka Anda harus rutin membersihkan lantai kolam renang dengan menggunakan alat pengisap.

  1. Gunakan bahan kimia yang aman untuk membantu membersihkan air kolam

Bahan kimia yang aman diperlukan sebagai sanitasi air kolam. Bahan kimia seperti tablet klorin berfungsi untuk membunuh aneka bakteri pada air kolam. Dengan menggunakan bahan kimia ini, maka air kolam tidak akan terkontaminasi oleh bakteri.

  1. Cek pH air kolam renang

Sebaiknya, Anda memiliki alat untuk menguji pH air kolam renang. Anda bisa mendapatkan alat ini di supermarket atau di apotek terdekat. Pastikan Anda membeli pH meter yang berkualitas, sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal. pH air kolam renang sebaiknya dicek minimal tiga kali selama seminggu. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa air kolam aman untuk digunakan.

Itulah aneka cara yang wajib Anda lakukan untuk merawat kolam renang sendiri di rumah. Cukup mudah dilakukan bukan? Karena sangat mudah dilakukan, jadi jangan sampai Anda malas untuk membersihkannya ya. Pastikan kolam renang di rumah Anda selalu terjaga kebersihannya. Ajak juga anggota keluarga lainnya untuk rajin dan rutin membersihkan kolam renang, sehingga semua ikut bertanggungjawab atas kenyamanan semua anggota keluarga saat berenang bersama.

Share