Desain Ruang Tamu Minimalis Tampak Maksimalis

By | September 4, 2018

Rumah adalah tempat berlindung setiap insan. Sebagai tempat istirahat, setiap orang menginginkan rumah yang nyaman bak istana. Seperti apa pun bentuk rumah kita, tetap rumahku adalah surgaku. Seiring perkembangan teknologi, desain rumah kini juga semakin berkembang dan memiliki banyak sekali variasi. Desain-desain rumah minimalis hingga desain rumah bergaya Eropa, Inggris dan Arabian sudah banyak dibangun di Indonesia.

Ruang Tamu Minimalis

Dari sekian banyak sisi rumah, ruang tamu adalah salah satu bagian rumah yang sangat diperhatikan. Ruang tamu adalah ruang pertama yang akan dilihat setiap orang yang masuk ke rumah Anda. Seperti kata pepatah tamu adalah raja, Anda tentu menginginkan ruang tamu yang nyaman bagi setiap tamu yang datang.

Anda mungkin menginginkan ruang tamu yang nyaman dan elegan namun terkendala dengan ukuran. Walaupun ruang tamu Anda tidak terlalu besar, bukanlah halangan bagi Anda untuk bisa menciptakan ruang tamu yang indah. Ada banyak gaya ruang tamu minimalis ukuran 3×3 yang bisa dijadikan referensi untuk desain ruang tamu Anda. Apa saja desainnya? Simak ulasan berikut.

10 Gaya Desain Ruang Tamu Minimalis

Ada 10 jenis gaya desain ruang tamu yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  1. Monokrom

Monokrom mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Warna hitam putih dengan corak bergaris atau bulat-bulat adalah ciri khas dari monokrom. Anda bisa menggunakan konsep monokrom untuk mendesain ruang tamu. Anda bisa menggunakan sofa warna putih krem, meja hitam bundar, tirai bermotif monokrom. Nuansa hitam, putih dan abu-abu akan membuat ruang tamu Anda cukup modern.

  1. Kayu

Penggunaan elemen kayu diruang tamu mungkin terkesan  kuno dan tidak menarik. Namun, jika Anda bisa memadukan dengan apik, ruang tamu bernuansa kayu akan terasa klasik dan menarik. Anda bisa menggunakan kayu solid sebagai frame kursi yang dipadukan dengan rotan untuk membuat tampilan clean dan clear.

  1. Floral klasik

Desain ruang tamu floral sangat cocok bagi Anda yang feminin. Anda bisa memilih sofa bermotif bunga, tirai jendela yang berhamburkan bunga di setiap sudutnya. Untuk menambah nuansa modern, Anda bisa memadukan dengan karpet lantai bentuk bulat warna coklat dan kaki meja bentuk kayu.

  1. Colorfull

Sesuai dengan namanya, motif ini memberikan kesan warna-warni di setiap sudut ruangan. Ruangan yang berwarna-warni akan memberikan kesan bahagia dan cerah. Namun, yang perlu Anda ingat adalah padukan warna-warna yang cocok dan match.

  1. Modernitas

Desain modern sederhana bisa Anda pilih untuk mendesain ruang tamu. Gunakan warna putih, krem, coklat dan hitam yang dipadukan dengan furnitur berbahan kayu. Jangan lupa tambahkan lampu bundar untuk menambah suasana semakin nyaman.

  1. Minimalis

Penggunaan cat putih dan furnitur serba putih akan membuat ruang tamu yang minimalis terlihat lebih luas dan lebar. Untuk mencairkan suasana, Anda bisa menggunakan karpet krem sehingga kesannya lebih kalem.

  1. Vintage

Tema vintage kini sudah mulai banyak digemari berbagai kalangan. Kesannya yang tua kini dikemas dengan apik sehingga nampak modern. Untuk membangun nuansa ruang tamu ala vintage, Anda bisa menggunakan desain karpet abad pertengahan. Untuk sofa bisa menggunakan sofa Polandia yang dipadukan dengan sofa kayu.

  1. Gaya Amerika

Desain ruang tamu minimalis bergaya Amerika bisa Anda buat dengan cara melapisi dinding dengan warna putih, jendela dan pintu berwarna hitam. Untuk sofa, Anda bisa menggunakan sofa melingkar dan meja bundar yang berlapis marmer.

  1. Nude

Warna nude adalah warna yang sedang ngetren dewasa ini. Sentuhan nude akan memberikan kesan soft. Anda bisa memilih warna krem, nude, putih, dan warna-warna mocca. Keuntungannya adalah furnitur warna-warna ini mudah sekali ditemukan di berbagai toko furnitur dan houseware.

  1. Softpink

Bagi Anda para pecinta pink, bisa memilih warna softpink untuk menghias ruang tamu Anda. Namun, perlu Anda ingat bahwa tamu yang datang tidak semuanya adalah perempuan, jadi jangan terlalu girlly.

Desain Ruang Tamu Sesuai Dengan Desain Rumah

Setelah mengetahui beberapa pilihan desain ruang tamu, hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan furnitur. Alangkah lebih baiknya jika Anda membeli furnitur setelah desain rumah yang dipilih sudah fix dan tidak berubah. Dengan begitu, Anda akan membeli furnitur sesuai dengan desain ruang tamu Anda. Jangan sampai Anda membeli furnitur motif bunga, sedangkan desain yang Anda pilih adalah monokrom.

Pemilihan desain ruang tamu juga harus disesuaikan dengan desain rumah Anda. Sebagai contoh, rumah Anda mengangkat tema putih. Untuk tema ini bisa menyesuaikan dengan semua jenis desain. Namun, jika rumah Anda mengangkat tema Arabian, corak warna-warni sepertinya kurang cocok diterapkan. Jadi lebih baik memilih tema ruang tamu sesuai dengan desain rumah Anda.

Share