Lantai Kayu, Lantai Ergonomis Yang Memiliki Banyak Keuntungan

By | June 23, 2018

Kembali lagi dengan bahasan rumah. Jika pada artikel sebelumnya membahas desain rumah, kali ini kita akan membahas lantai rumah. Lantai rumah yang baik digunakan adalah lantai yang kedap air. Sehingga sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan keramik atau murmer untuk lantai rumah mereka. Namun, lantai kayu bisa juga dijadikan sebagai pilihan. Harga lantai kayu Jogja juga sangat murah sehingga bisa menekan budget untuk pembangunan rumah.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai lantai kayu, Anda perlu mengetahui bahwa asal mula penggunaan lantai kayu adalah hanya sebagai tujuan struktural ketika pembangunan sebuah rumah dimana balok-balok tersebut dipasang berjajar. Namun, ternyata kayu ini bisa dikemas sangat baik untuk dijadikan lantai.

Kelebihan Lantai Kayu

Kelebihan menggunakan lantai kayu adalah:

  • Harga miring

Sesuai dengan bahannya yakni kayu, harganya tidak terlalu mahal bak keramik dan murmer yang mengkilat. Anda bisa cek di harga lantai kayu Jogja. Harganya cukup bervariasi disesuaikan dengan jenis kayu yang Anda pilih.

  • Tahan lama

Tidak kalah dengan keramik dan murmer, lantai kayu bisa bertahan hingga 20 tahunan. Namun, perlu diingat bahwa lantai kayu yang tahan lama adalah lantai kayu dengan kualitas terbaik.

  • Perawatan mudah

Anda mungkin membayangkan bahwa merawat lantai kayu sangatlah sulit. Terlebih lagi jika kayu rapuh karena dimakan rayap. Namun, ternyata membersihkan lantai kayu sangat mudah loh. Untuk menyapunya, Anda bisa menggunakan sedot debu atau sapu dengan bulu halus. Sedangkan untuk mengepel, Anda tidak membutuhkan sabun pembersih lantai. Jika lantai kayu terkena cairan, Anda cukup membersihkan dengan lap kering. Sangat mudah bukan?

  • Investasi jangka panjang

Walaupun hanya sebatas kayu, ini adalah investasi jangka panjang yang cukup lumayan. Jika Anda bisa merawatnya dengan baik, suatu ketika Anda menjual rumah, harga yang ditawarkan tentu jauh lebih mahal dibandingkan dengan rumah pada umumnya. Hal ini dikarenakan lantai kayu yang masih jarang digunakan.

  • Baik untuk kesehatan

Kayu memiliki sifat menyerap panas dan menyimpannya untuk sementara waktu. Hal ini akan membuat lantai terasa hangat dibandingkan lantai jenis lain. Lantai yang hangat ini akan membuat seseorang terhindar dari penyakit rematik.

  • Tampilan natural

Lantai kayu akan memberikan kesan yang natural namun elegan dan mewah. Lantai ini juga sangat cocok bagi Anda yang sedang mendesain rumah bergaya vintage.

Manfaat Penggunaan Lantai Kayu

Itulah keuntungan menggunakan lantai berbahan kayu. Anda mungkin masih ragu untuk menggunakan kayu sebagai lantai rumah Anda dengan berbagai pertimbangan. Namun dengan menggunakan lantai kayu, Anda akan mendapatkan manfaat berikut:

  • Menghilangkan stres

Manfaat yang paling utama dari penggunaan lantai kayu adalah menghilangkan stres. Bagaimana bisa? Lantai kayu akan memberikan kesan relaksasi seakan ada yang menyatukan jiwa kembali ke alam. Selain itu, aroma kayu juga akan membuat hati dan pikiran kembali fresh setelah lelah bekerja.

  • Menjaga keseimbangan suhu ruangan

Perlu Anda ketahui, lantai kayu  bisa membuat suhu ruangan sejuk ketika suhu luar sedang panas. Sebaliknya, dapat membuat suhu ruangan panas ketika diluar sedang sangat dingin. Wah, sangat menyenangkan bukan?

  • Tidak licin

Jika Anda sering mengalami insiden terpeleset, maka hal tersebut sangat kecil terjadi jika Anda menggunakan lantai kayu. Walaupun kayu itu basah, tidak mungkin selicin lantai keramik dan marmer. Jadi sangat cocok bagi Anda yang memiliki anak kecil ataupun tinggal bersama lansia.

  • Ramah lingkungan

Ramah lingkungan yang dimaksud adalah memanfaatkan sumber daya sekitar dan tentunya tidak mengotori lingkungan sekitar. Jika menggunakan marmer, ada banyak material semen yang sangat mungkin mencemari lingkungan sekitar.

Bagaimana setelah membaca manfaat diatas? Sangat menarik bukan? Lebih banyak manfaat yang akan Anda peroleh. Lalu dimana Anda bisa mendapatkan lantai kayu? Saat ini sudah banyak toko mebel yang menjual lantai kayu. Di Jogja, harga lantai kayu Jogja cukup murah dibandingkan dengan daerah lain.

Kayu Jati Untuk Bahan Lantai Kayu

Anda bisa memilih kayu jati untuk lantai Anda. Ketahanan kayu jati sudah tidak diragukan lagi. Kayu jati adalah kayu paling keras nomor satu. Walaupun keras, kayu ini mudah untuk digergaji dan diaplikasikan. Ciri-ciri kayu jati yang bagus adalah berwarna kuning kecokelatan. Semakin gelap warna kayu, berarti semakin bagus ketahanan kayu tersebut.

Jika melihat sejarah, kayu jati ini banyak digunakan untuk konstruksi jembatan, rumah joglo, dan berbagai furnitur meja dan kursi. Jadi, sangat cocok digunakan sebagai lantai. Harga kayu jati memang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis kayu lain. Hal ini sebanding dengan ketahanan dan kualitasnya yang sangat unggul. Untuk lebih jelasnya, yuk cek di harga lantai kayu Jogja.

Share